BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 9 KURIKULUM 13

KAPER PAI SMP KELAS 9

BOGOR, 14 Juli 2015

Buku Pendidikan Agama Islam SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 ini ditulis oleh Team yang ditunjuk oleh Kemendikbud  Muhammad Ahsan dan Sumiati yang ditelaah oleh Dr.Marzuki dan Ismail dibawah koordonasi Puskurbuk Balitbang Kemendikbud.

Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa mata pelajaran antara lain adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan standar kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan Kompetensi Dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (PP No.32/2013.

Kata pengantar.

Misi utama pengutusan Nabi Muhammad saw. adalah untuk menyempurnakan  keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qur’±n bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dalam
struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia. Sehubungan dengan itu, Nabi saw, bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya” *1 dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya”. *2 Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang dapat menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada  pembentukan akhlak yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsuralam semesta.
Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan,dan sikap. Selain itu, siswa tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan
wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan
mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.
Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.
Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka terhadap masukan dan akan terus diperbaiki untuk penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran dan masukan guna perbaikan dan
penyempurnaan edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Jakarta, Januari 2015
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Pembagian tema-tema dalam buku PAI KELAS 9 tersebut adalah sebagai berikut:

Bab 1 Meyakini Hari Akhir, Mengakhiri Kebiasaan Buruk
A. Renungkanlah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B. Dialog Islami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C. Mutiara Khazanah Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Pengertian Hari Akhir dan Macam-macam Kiamat . . . .
2. Kejadian Kiamat Kubr± . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
D. Refleksi Akhlak Mulia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E. Kisah Teladan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F. Rangkuman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
G. Ayo Berlatih . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
H. Catatan untuk Orangtua Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . .
Bab 2 Menatap Masa Depan dengan Optimis, Ikhtiar, dan Tawakal
A. Renungkanlah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B. Dialog Islami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C. Mutiara Khazanah Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Optimis . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Ikhtiar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Tawakal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
D. Refleksi Akhlak Mulia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E. Kisah Teladan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F. Rangkuman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
G. Ayo Berlatih . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
H. Catatan untuk Orangtua Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . .
Bab 3 Mengasah Pribadi yang Unggul dengan Jujur, Santun, dan Malu
A. Renungkanlah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B. Dialog Islami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C. Mutiara Khazanah Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Jujur . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Santun . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Malu . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
D. Refleksi Akhlak Mulia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E. Kisah Teladan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F. Rangkuman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
G. Ayo Berlatih . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
H. Catatan untuk Orangtua Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . .
Bab 4 Akikah dan Kurban Menumbuhkan Kepedulian Umat
A. Renungkanlah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B. Dialog Islami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C. Mutiara Khazanah Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Ketentuan dan Tata Cara Penyembelihan
2. Akikah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Kurban . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
D. Refleksi Akhlak Mulia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E. Kisah Teladan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F. Rangkuman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
G. Ayo Berlatih . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
H. Catatan untuk Orangtua Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . .
Bab 5 Kehadiran Islam Mendamaikan Bumi Nusantara
A. Renungkanlah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B. Dialog Islami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C. Mutiara Khazanah Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Alur Perjalanan Dakwah di Nusantara . . . . . . .
2. Cara-cara Dakwah di Nusantara . . . . . . . . . . . . .
3. Kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara . . . . . . .
D. Refleksi Akhlak Mulia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E. Kisah Teladan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F. Rangkuman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
G. Ayo Berlatih . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
H. Catatan untuk Orangtua Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . .
Bab 6 Meraih Kesuksesan dengan Optimis, Ikhtiar, dan Tawakal
A. Renungkanlah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B. Dialog Islami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C. Mutiara Khazanah Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Mari Membaca Q.S. az-Zumār/39:53; an-Najm/53:39-42; dan ‘²li ‘Imr±n/3:159
2. Memahami Tajwid tentang Tafkhim dan Tarqiq
3. Mari Belajar Mengartikan Q.S. az-Zumār/39: 53; an-Najm/53:39-42; dan ‘²li ‘Imr±n/3:159 . . .
4. Memahami Kandungan Q.S. az-Zumār/39:53;an-Najm/53:39-42; dan ‘²li ‘Imr±n/3:159 . . . . . .
D. Refleksi Akhlak Mulia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E. Kisah Teladan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F. Rangkuman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
G. Ayo Berlatih . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
H. Catatan untuk Orangtua Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . .
Bab 7 Beriman kepada Qa«±’ dan Qadar Berbuah Ketenangan Hati
A. Renungkanlah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B. Dialog Islami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C. Mutiara Khazanah Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Pengertian Qa«±’, Qadar, dan Takdir . . . . . . . . .
2. Takdir Mualla dan Mubram . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Dahsyatnya Manfaat Beriman kepada Qa«±’dan Qadar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
D. Refleksi Akhlak Mulia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E. Kisah Teladan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F. Rangkuman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
G. Ayo Berlatih . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
H. Catatan untuk Orangtua Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . .
Bab 8 Damaikan Negeri dengan Toleransi
A. Renungkanlah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B. Dialog Islami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C. Mutiara Khazanah Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Pengertian Toleransi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Sikap Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari
3. Toleransi dan Kedamaian Negeri . . . . . . . . . . . .
D. Refleksi Akhlak Mulia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E. Kisah Teladan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F. Rangkuman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
G. Ayo Berlatih . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
H. Catatan untuk Orangtua Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . .
Bab 9 Menuai Keberkahan dengan Rasa Hormat, Taat kepada Orangtua dan Guru
A. Renungkanlah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B. Dialog Islami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C. Mutiara Khazanah Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Hormat dan Sayang kepada Orangtua dan Guru . . . .
2. Taat Kepada Orangtua dan Guru . . . . . . . . . . . .
D. Refleksi Akhlak Mulia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E. Kisah Teladan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F. Rangkuman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
G. Ayo Berlatih . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
H. Catatan untuk Orangtua Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . .
Bab 10 Dahsyatnya Persatuan dalam Ibadah Haji dan Umrah
A. Renungkanlah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B. Dialog Islami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C. Mutiara Khazanah Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Ibadah Haji . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Ibadah Umrah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Hikmah Haji dan Umrah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
D. Refleksi Akhlak Mulia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E. Kisah Teladan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F. Rangkuman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
G. Ayo Berlatih . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
H. Catatan untuk Orangtua Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . .
Bab 11 Menelusuri Tradisi Islam di Nusantara
A. Renungkanlah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B. Dialog Islami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C. Mutiara Khazanah Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Tradisi Nusantara Sebelum Islam . . . . . . . . . . . .
2. Akulturasi Budaya Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Melestarikan Tradisi Islam Nusantara . . . . . . . .
D. Refleksi Akhlak Mulia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E. Kisah Teladan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F. Rangkuman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
G. Ayo Berlatih . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
H. Catatan untuk Orangtua Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . .
Bab 12 Menyuburkan Kebersamaan dengan Toleransi dan Menghargai Perbedaan
A. Renungkanlah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B. Dialog Islami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C. Mutiara Khazanah Islam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Mari Membaca Q.S. al-Hujur±t/49:13 . . . . . . . . .
2. Memahami Tajwid tentang Tanda Waqaf . . . .
3. Mari Belajar Mengartikan Q.S. al-Hujur±t/49:13
4. Memahami Kandungan Q.S. al-Hujur±t/49:13
D. Refleksi Akhlak Mulia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E. Kisah Teladan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F. Rangkuman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
G. Ayo Berlatih . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
H. Catatan untuk Orangtua Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . .
Daftar Pustaka . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Glosarium . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Index . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Abstraksi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Untuk ansipasi yang memerlukan bantuan silahkan bisa dapat minta bantuan ke  team penulis  atau ke alamat emal kami di : ruhyana.oleh@gmail.com

 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s