PERAN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN

Bogor, 17 OKtober 2014

20140923_141715

Peran kurikulum menurut Dr. Oemar Hamalik dengan menganalisis sifat dari masyarakat  dan kebudayaan dengan sekolah sebagai institusi sosial dalam melaksnakan opreasinya paling tidak memliki tiga peranan penting dari kurikulum yaitu peranan konservatif, peranan kritis dan peranan evaluative.

  • peranan konservatif yaitu kurikulum berperan sebagai transmisi dan menafsirkan warisan sosial budaya kepada generasi muda dengan cara mentransfer lmu pengetahuan dan kebudayaan kepada peserta didik . Maka sekolah berperan sebagai lembaga yang  mempenagruhi dan membina tingkah laku peserta didik  sesuai dengan nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakat sejalan  dengan peranan pendidikan sebagai suatu proses sosial. Hal ini sejalan dengan pendapat Romine: “ In sense the conservative role provides what may be called social cement. It contributes to like-mindedness and provides for behavior which is consistent with values already accepted. It deals with what is sometimes known as the core of relative universals”.
  • peranan kritis atau evaluatif yaitu kurikulum berperan sebagai proses menilai dan memilih bebagai unsur kebudayaan yang akan diwariskan karena kebudayaan itu sendiri senantiasa berubah, berkembang dan bertambah dari waktu ke waktu. Kebudyaan masa lalu belum tentu cocok dengan perkembangan masa berikutnya, seperti yang dikatakan Imam Ali bin Abi Thalib “Ajarkan anak-anak kalian sesuai dengan masanya….”Sehingga nilai-nilai sosial yang sudah usang  dan tidak sesuai dengan keadaan masa sekarang atau yang akan datang dievaluasi dan dimodifikasi serta diperbaiki  dengan pemilihan yang berkriteria paling tepat.
  • peranan kreatif dan kontruktif dalam menjawab tantangan kahidupan yaitu sebagai kurikulum berperan sebagai menciptakan dan menyusun sesuatu hal baru sesuai kebutuhan masyarakat di masa sekarang dan akan datang. Kurikulum dalam hal ini membantu peserta didik sebagi individu dibentu mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam menciptakan, proses pengalaman, proses berpikir, mengembangkan kemampuan dan keterampilan baru yang akan memberikan menfaat bagi masyarakat di masa sekarang dan mendatang.

Sedangkan Fungsi kurikulum menurut Oemar Hamalik  yang diambil dari pendapat Alexander Inglis di buku Principles of Secondary Education 1998, kurikulum memiliki fungsi  sebagai penyesuaian, pengintegrasian, diferensiasi, persiapan, pemilihan dan diagnostic.

  • Fungsi penyesuaian (the adjustive of Adaftive Function), yaitu kurikulum berfungsi sebagai proses dan program yang memfasilitasi peserta didik mampu menyesuaikan diri dalam lingkungan secara menyeluruh dan lingkungan disesuaikan dengan kondisi perseorangan peserta didik. Akan tetapi karena lingkungan selalu berubah dan dinamis, maka peserta didik dapat segera menyesuaikan diri. Dalam hal ini kurikulum harus mampu mengkondisikan peserta didik dalam lingkungan yang diharapkan masyarakat pendidikan.
  • Fungsi Integrasi (the integrating Function), yaitu kurikulum berfungsi menghasilkan peserta didik yang mampu mengintegrasikan pribadi peserta didik memberikan sumbangan dalam pembentukan atau pengintegrasian dengan masayarakat.
  • Fungsi diferensiasi (the differentiating function) yaitu kurikulum berfungsi mengakomodir dan memberikan pelayanan terhadap perbedaan atau keaneka ragaman kemampuan setiap peserta didik dan mendorong orang untuk berpikir kritis dan kreatif dengan keanekaragaman kemampuan yang ada.
  • fungsi persisapan (the propaedeutic functioudin)  yaitu kurikulum berfungsi mempersiapkan peserta didik melanjutkan studi lebih lanjut untuk suatu jangkauan yang lebih jauh, seperti untuk melanjutkan ke tingkat sekolah yang lebih tinggi, bahkan ke jenjang persiapan latihan dunia pekerjaan.
  • fungsi pemilihan ( the selective function) yaitu kurikulum berfungsi memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih apa yang diinginkan dan menarik minat peserta didik, sehingga kurikulum bersifat luas dan fleksibel.
  • fungsi diagnostic (the diagnostic function), yaitu kurikulum berfungsi sebagai layanan dan bantuan kepada peserta didik untuk mampu memahami dan menerima dirinya, sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dengan mengetahui kekurangan dan kekurangan yang dimilikinya. Peserta didik dapat memperbaiki kelemahan yang dimilikinya dan mengembangkan kemampuan bakat dan minat yang telah dianugrahkan Allah kepadanya dengan cara eksplorasi kemampuan secara maksimal.

Sedangkan jika dilihat dari peruntukkan kurikulumnya, kurikulum memiliki fungsi yang berbeda-beda misalnya ditinjau dari fungsi bagi peserta didik, pendidik, kepala sekolah, orang tua, masyarakat,   sekolah lanjutan di atasnya.

  • Fungsinya bagi anak didik sebagai program pada anak didik sebagai pengalaman baru yang sesuai dengan karakteristik peserta  didik
  • fungsi bagi pendidik, sebagai pedoman kerja dalam menyusun dan mengorganisasikan pengalaman belajar  pada peserta didik, dan pedoman untuk mengadakan evaluasi  terhadap perkembangan peserta didik dalam rangka menyerap sejumlah pengalaman yang diberikan.
  • fungsi bagi kepala sekolah/ Pembina sekolah adalah sebagai pedoman dalam mengadakan supervise, memberikan bantuan kepada guru, tenaga administrator dan mengevaluasi atas kemajuan hasil belajar.
  • Fungsi bagi orag tua sebagai bentuk adanya partisipasi orang tua dalam membantu sekolah dalam memajukan putraputrinya.
  • fungsi bagi sekolah di atasnya sebagai pemeliharaan keseimbangan proses pendidikan dan sebagai penyiapan tenaga baru dalam pendidikan.
  • fungsi bagi masyarakat sebagai fungsi penyesuaian diri dengan lingkungan, fungsi integrasi dengan lingkungan, perbedaan anatar individu, sebagai  persiapan masa depan, pemilihan dan sebagai diagnostic  dalam memahami dan meneria dirinya dengan potensi yang dimilinya.

Oleh Ruhyana

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s