SAWARNA BEACH: EkSoTis

Bogor, 3 Januari 2014

Foto1213 Sawarna Beach, merupakan sebuah tempat yang kami kunungi penuh dengan pesona alam yang masih alami, berada di selatan Kabupaten Lebak Banten tepatnya di daerah Cilegrang. Tepatnya tidak terlalu jauh dari Pantai Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Di sana terdapat dua buah karang yang menjulang tinggi di tengah laut seperti tampak dalam foto kami. Karang tersebut bisa kita naiki juga, dan yang paling eksotisnya, di sekitar Karang Kembar tersebut pantainya datar dan gak tajam, tidak seperti karang di lautan yang sering kita temui pada umumnya tajam-tajam, sehingga anak-anak bisa berjalan leluasa di tengah lautan yang bersebelahan dengan palung laut sangat sangat dalam.

Foto1222 Untuk mencapai karang tersebut dari tempat parkir kendaraan bisa jalan kaki melewati perkebunan warga dan sawah-sawah yang indah dan alami, bisa juga naik ojek dengan ongkos kisaran 5-10 Ribu. Kendaraan tidak bisa langsung masuk ke kawasan ini, karena kita harus melewati jembatan gantung yang hanya bisa dilewati motor. Selain masih alami lautnya, kita juga bisa melihat keasrian laut yang bening dan mengamati ikan-ikan penuh warna warni dengan keaneka ragaman jenisnya. Sedangkan warung-warung sudah mulai tersedia di sekitar pantai yang menjajakan kebutuhan makan sederhana, jajanan, kelapa muda dan tempat-tempat yang bisa disewa untuk menginap atau istirahat. Sementara bentuk-bentuk vila atau kamar-kamar yang disewakan dapat ditemukan di perkampungan warga tidak jauh dari sekitar pantai.

Foto1249 Untuk mencapai pantai yang eksotis ini, anda disarankan mengikuti perjalanan dari Pelabuhan Ratu menuju Cisolok arah Bayah/Cikotok. Jangan lupa sambil melihat pemandangan laut atau pantai yang nan eksotis sepanjang perjalanan, akan tetapi tetap harus konsentrasi bagi anda yang mengendarai, karena trek perjalanan penuh dengan belokan  tajam dan penuh dengan tanjakan dan turunan yang terjal. Sebelum mencapai Kecamatan Bayah, anda akan Foto1237 disuguhkan dengan sebuah tanjakan maut sebelum turunan Wahangan Cibareno yang menjadi daerah perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten tepatnya batas antara Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak. Ditanjakan tersebut ada sebuah pemandangan yang sangat eksotis tepatnya di belakang Karang Haji, atau lebih dikenal orang-orang penduduk sekitar Bukit Habibi. Anda akan merasakan lebih indah lagi jika di pagi hari pas matahari terbit berada di sekitar bukit tersebut dengan melihat pemandangan laut pelabuhan ratu yang indah dan mempesona yang dipenuhi dengan perahu-perahu nelayan penangkap ikan.

Foto1232 Perjalanan untuk sampai ke Pantai Sawarna ini dengan santai ditempuh dari Pelabuhan Ratu sekitar 1 jam-an. Sepanjang perjalanan selain nuansa pemandangan pantai yang mempesona, kita juga disuguhkan dengan pepohonan milik warga yang rindang dan alami. Jalanan dari jalan utama trans Selatan Banten sekitar 12 Km menuju pantai Sawarna. Selain pantai Sawarna terdapat juga gua lalay, cuma kami sekeluarga pada saat itu tidak sempet ke gua lalay, maklum membawa ade bayi kecil yang baru berumur 11 bulan. Selain main lari-lari disekitar pantai, kita juga bisa menikmati mancing di palung laut bagi yang hobi mancing, sedangkan di sebelahnya bisa main selancar yang penuh dengan ombak besar pantai selatan.

Foto1227 Jika panas terik matahari menyengat kita juga bisa berlindung di sekitar Batu Karang Kembar yang nan eksotis dan mempesona. Seain berlindung kita juga bisa naik ke atas karang Batu kembar tersebut untuk melihat pemandangan pantai dan lautan yang membuat hati kita takjub dengan keagungan Allah yang membuat hamparan laut dan alam semesta ini begitu indah dan memiliki fungsi, tidak ada yang sia-sia yang Ia ciptakan. Subhanallah, begitu Allah mengajarkan kepada kita sebagai manusia apa yang kita lakukan harus memiliki fungsi dan berguna bagi lingkungan sekitar.

Oke selamat mencoba dan silahkan kunjungi sambil menikmati perjalanan yang indah dan mempesona.

Oleh Ruhyana.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s