PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Solok, 24 Nopember 2013

IMG_0899

Pelatihan Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai implementas kurikulum 2013 diadakan oleh MGMP PAI SMP Kabupaten Solok yang dipimpin langsung oleh Ketuanya Nova Mirza, M.Pd.I dan sekretaris M. Zein, S.Pd.I.

Kegiatan ini berlangsung dengan nara sumber Team Visiting Guru Pendidikan Agama Islam SMP Nasional yang besal dari Direktorat Pendidikan Agama Islam Subdit SMP. Team Visiting tersebut terdiri dari 3 orang yang berasal dari Provinsi Jawa Barat ( Oleh Ruhyana, M.Ag/ SMPN 1 Megamendung Kabupaten Bogor), Provinsi DKI Jakarta ( Ahmad Zaki, M.Pd,I SMPN 24 Jakarta Pusat), dan Provinsi Sumatera Barat ( Hendarayadi, M.Pd.I , SMPN 24 Kota Padang). Ketiga Team Visiting GPAI tersebut merupakan instruktur nasional GPAI dibidang kurikulum 2013.

IMG_0898 Kegiatan ini difokuskan selama 3 hari pertama dari Selasa s/d Kamis 26 s/d 28 Nopember 2013 di Aula Kemenag Kabupaten Solok. Sementara pada hari Jumat s/d Sabtu kegiatan fokus dilakukan di SMPN 2 Gunung Talang. Antusias peserta luar biasa, mereka semangat menyambut Team Visiting dengan serius melakukan kegiatan Implementasi Kurnas ini.

Selain melakukan pelatihan implementasi kurikulum 2013, team visiting ini juga melatih pengurus MGMP dalam bidang ICT, agar memudahkan cara bekerja dalam kegiatan organisasi yang berada di bawah binaan Pokjawas Dudu Wardana, M.Pia. Sehingga cara kerja organisasi MGMP dalam hal sharing informasi, mengirimkan surat, bahkan memanggil beberapa guru dapat dimuat di website yang dimiliki oleh MGMP PAI SMP Kabupaten Solok yaitu  www.mgmppaismpsolok.blogspot.com

IMG_0883

Inilah salah satu kegiatan yang dipimpin Team Visiting Oleh Ruhyana dan Ahmad Zaki sedang memimpin beberapa materi Implementasi Kurnas 2013 dengan memandu GPAI Kabupaten Solok dalam menyusun Penilaian Otentik dan pembuatan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013.

Selain menyusun RPP dan penilaian otentik dengan pendekatan saintifik, guru PAI juga melakukan Peerteaching di depan peserta lain untuk melakukan proses pembelajaran seperti yang dilakuka sebenarnya. seperti tampak beberapa peserta berikut ini.

IMG_0891

Inilah tampilan seorang peserta GPAI yang mengikuti pelatihan dalam mengasah kemampuan mengajar di depan peserta DPAI lainnya. Luarrrr biasa, semangatnya dan menggebu-gebu dalam mengajar. Team Visiting dalam peerteaching hanya menilai dan memberikan kompentar keterkaitan dengan implementasi dalam proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik dan penilaian otentik.

Kontributor/ Oleh Ruhyana

Leave a comment

Filed under Implementasi Kurnas PAI SMP Solok, Visiting GPAI Solok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s