PELATIHAN PENDIDIKAN KARAKTER

Cirebon, 22 Agustus 2013

CIMG0070

Saya sebagai peserta Pelatihan Pembina OSIS di Jawa Barat utusan Kabupaten Bogor berkesempatan mengikuti pelatihan pendidikan karakter melalui kegiatan pembinaan OSIS di Kota Cirebon yang diadakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat bertempat di Hotel Grand Tryas Jl . Tentara Pelajar, tidak jauh dari Stasiun Cirebon. Pada Pelatihan ini bertolak dari bagaimana mendidik karakter siswa di sekolah melalui kegiatan OSIS, LDK, Pramuka, PMR bahkan Rohis masukdi dalamnya sebagai pengembangan karakter spiritual kegamaan.

Pelatihan  ini dilaksanakan dari  tanggal 22-25 Agustus 2013 dengan  menghadirkan para pembina Osis dan kesiswaan SMP di Jawa Barat. Pelatihan  pendidkan akarakter ini adalah pengembangan kegiatan sekolah yang diarahkan pada kegiatan osis, Latihan dasar kepemimpinan, dan motivasi belajar, karena pendidikan di SMP menurut Wahyudin Zarkasy, anak-anak sekolah kita merupakan manusia terbaik yang harus dimenej  dengan sistem pendidikan yang baik. Jika dokter salah mendiagnosa pengobatan, maka korbannya hanyalah pasaien yang berobat, jika insiyur bangunan  terjadi salah praktik, maka hanya bangunannya yang kurang aman dan refresentatif. Akan tetapi jika pendidikan yang dilakukan guru salah mendiagnosa pendidikan yang salah proses maka akan bahaya yang sangat lama dan kronis dalam jangkawaktu yang sangat lama. Demikian kata ia yang sehari-hari menjabat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

CIMG0080 Beberapa pelatihan pendidikan karakter yang dilakukan melalui kegiatan OSIS dengan manfaat antara lain : meningkatkan nilai-nilai ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, meingkatkan kesadaran berbangsa, berbegara dan cinta tanah air, meningkatkan kepribadian, budi pekerti luhur dan akhlak mulia, meningkatkan kemampuan berorganisasi, pendidikan politik dan kepemimpinan, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan percaya diri, meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani dan menghargai serta merwujudkan nilai-nilai seni, meningkatkan dan mengembangkan kreasi seni.

Beberapa kegiatan pembinaan keagamaan  dalam rangka keimanan dan ketakwaan antara lain dapat dlakukan melalui pelaksanaan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing, memperingati hari Besar keagamaan, melaksanakan perbuatan amaliyah sesuai dengan norma agama, membina toleransi keberagamaan, mengadakan lomba yang bernuansa keagamaan dan mengembangkan serta memberdayakan kegiatan keberagamaan di sekolah.

Oleh Ruhyana

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s