PENTAS PAI KAB. BOGOR 2013

Bogor, 19 Mei 2013

Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam yang disingkat PENTAS PAI telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Mei 2013 di SMP Plus Citra Nusa Cibinong yang dihadiri sekitar 30 SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Bogor. Pentas PAI ini bertemakan membangun siswa yang mampu berkompetisi dan berkarakter islami dengan ketua Panitia M. Hilman Sofyan, S.Th.I, pengurus MGMP PAI SMP Kabupaten Bogor yang sehari-hari bertugas di SMP Plus Citra Nusa (Cinus).

CIMG3586

Dalam Pentas PAI ini sebagai PENTAS PAI KE-6 Tingkat Kabupaten Bogor memperebutkan piala bergilir Bupati Bogor untuk juara umum yang beberapa tahun kebelakang masih dipegang oleh SMP Islam Plus Daarul Jannah Cibnong. Pada tahun ini juara umum diraih oleh SMP Negeri 1 Ciawi sebagai juara umum dan berhak memegang piala Tropi bergilir Bupati Bogor. Setiap sekolah yang tampil memiliki kompetensi yang berbeda-beda ada yang unggulan di bidang Tahfiz, terutama sekolah-sekolah Islam Terpadu yang berbasiskan al-Quran dan sekarang tak kalah menarik dimana sekolah-sekolah SMP Negeri saja sudah beberapa sekolah menerapkan tahfiz sebagai hari-harian dalam pembelajaran, seperti program one-day one ayat, seperti yang terjadi di SMP Negeri 1 Megamendung, SMPN 2 Citeureup dan beberapa sekolah lainnya.

CIMG3601

Pentas PAI 2013 ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor Dr. H. Suhendra, MM. Dalam sambutannya beliau sangat mendukung kegiatan Pentas PAI ini yang selalu diselenggarakan setiap tahun di Kabupaten Bogor dan sangat berterima kasih kepada panitia dan Pengurus MGMP PAI SMP Kabupaten Bogor, apalagi kalau Pentas PAI ini merupakan kegiatan gabungan dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK Kabupaten Bogor. Pentas PAI ini diharapkan mendapat juara terbaik untuk mewakili kontingen Kabupaten Bogor ke Tingkat Provinsi Jawa Barat yang hanya beberapa hari lagi segerapa berlangsung di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat. Sedangkan yang tidak menjadi juara 1 jangan kecil hati untuk selalu mengembangkan kemampuan di bidang mata lomba, mash banyak kesempatan untuk selalu maju, dan yang terpenting kegiatan pentas PAI ini dapat dllaksanakan di tingkat sekolah, sehingga kreativitas siswa-siswa di sekolah semakin hidup dan memberikan motivasi yang semakin meningkat dalam tingkat keberagamaan siswa dalam kehidupan.

CIMG3603

Dalam Pentas PAI 2013 ini, dilombakan 3 mata lomba yaitu Lomba Cerdas cermat agama Islam, Lomba Ceramah Agama Islam, dan Lomba Tahfiz Al-Quran Juz-30. Sedangkan dua  mata lomba lagi yaitu MTQ putra dan MTQ Putri sudah jauh hari dilaksanakan oleh MGMP pada kegiatan FL2SN Tingkat Kabupaten Bogor beberapa minggu sebelumnya yang dijuarai oleh perwakilan MTQ putra dari SMPN 2 Citeureup dan MTQ Putri dari SMPN 1 Jasinga. Lomba ini seyogyanya dapat mengakomodir berbagai ektrakurikuler agama Islam yang ada di sekolah seperti kaligrafi, nasid, Marawis, azan, khutbah jumat, puisi Islami,Keompok Ilmiah Remaja Islami, Lomba Rohis terbaik dan fashion show Muslim/muslimah serta . Namun karena beberapa kendala keuangan yang serba minim dan waktu yang tidak lama, sehingga pentas ini hanya beberapa mata lomba yang ada di Tingkat Provinsi Jawa Barat saja.

CIMG3615

Salah satu peserta sedang tampil dalam lomba pidato/ ceramah agama Islam. Dari bererapa peserta yang tampil mereka memiliki bakat kemampuan yang luar biasa dari tampilan yang mereka sampaikan. Pesertanya dari kelas 7 atau kelas 8 yang masih aktif di SMP yang berada di Kabupaten Bogor. Lomba pidato ini sengaja berapad di luar kelas /outdoor agar peserta terbiasa menyampaikan pidato dengan tegar dan dapat disaksikan para pengunjung baik pengunjung yang dibawa sekolah peserta lomba atau siswa yang sekolah di SMP Citra Nusa. Perlombaan yang berlangsung di SMP Plus Citra Nusa ini tidak sedikitpun mengganggu aktivitas pembelajaran yang berlangsung di sekolah tersebut.

 

CIMG3621

Ini peserta sedang tampil dalam lomba Tahfiz al-Quran Juz-30, setiap peserta diberikan pertanyaan untuk melanjutkan beberapa ayat yang diminta dewan hakim, dengan kategori surat ada yang surat-surat panjang di Juz- Amma, ada surat sedang, dan ada surat pendek dari At-takasur sampai surat An-Nas. Siswa SMP ini cukup fashih dalam membacakan ayat-ayat al-Quran yang diminta. Ada kejadian yang ditemukan anak sangat mengusai surat-surat panjang, akan tetapi ketika diberikan pertanyaan surat yang sangat pendek ia tidak bisa membacakannya. Hal ini mungkin karena nervus, malu atau tidak siap mental sehingga daya hafapan yang dimiliki hilang dalam saat-saat tertentu. Salah satu pembiasaan yang baik dalam hapalan al-Quran Juz- 30 ini bisa dilakukan di sekolah dengan cara membiasakan diri dibaca di awal pembelajaran secara zihar yang dipimpin oleh beberapa tampilan siswa yang sudah mampu membacanya dengan baik dengan target waktu yang ditentukan, sehingga keluar dari SMP dapat menguasai minimal sekian surat dari Juz- Amma.

CIMG3635

Lomba Cerdas Cermat Agama Islam, salah satu lomba yang menjadi pavorit peserta, karena kemampuan dan kompetisinya dapat dilihat dan ditonton oleh para pengunjung. Tiap sekolah memiliki kemampuan yang berbeda-beda, keberanian siswa pun diuji kemana arah soal yang disusun panitia. Sekolah negeri dan swasta beradu dalam kemampuan baik materi PAI di sekolah sesuai SK/ KD, kemampuan menguasai Juz-Amma dan artinya, dan pengembangan agama Islam yang berkaitan dengan pengetahuan umum yang dalam dunia Islam harus mereka kuasai. Serta paling penting adalah penguasaan bahasa arab sebagai pemahaman dari ayat-ayat al-Quran dan Hadits, karena soal-soal seperti itu akan muncul di tingkat provinsi Jawa Barat dan nasional.

Sebagai juara pada beberapa kegiatan ini kami muat dalam tulisan ini:

NO Bidang Lomba Juara Nama Siswa Asal Sekolah
1 Lomba Cerdas Cermat 1 Team SMPIP Daarul Jannah Cibinong
    2 team SMP Fatham Mubina Ciawi
    3 Team SMPN 1 Ciawi
    4 Team SMPN 1 Megamendung
    5 Team SMPN 1 Cileungsi
    6 Team SMP Ibnu Aqil
    7 Team SMPN 1 Cigombong
    8 Team SMP Al Mukhlisin
    9 Team SMP Islam al-Gozali
2 Lomba Hifzil Quran 1 Rahmat Santoso SMP Al Asriyah Nurul Iman Parung
    2 Muhammad Lutfi SMPN 1 Citeureup
    3 Shafna Fauzi Wibowo SMP Al Azhar Syifa Budi
    4 Budi Nurdiansyah SMPN2 Citeureup
    5 Hana Nadifah SMPIP Darul Jannah
    6 Chka Quratul Ayuni SMPN 2 Cibinong
    7 Sayyid Ja’far A SA SMPN 1 Ciawi
    8 Tasya Jihan H SMP SMP Global Mandiri Gn. Putri
    9 Fauziatul Qudsiyah SMP Cendekia
    10 Putra NA SMP Islam Al Gozali
    11 Amalia Shabrina SMPN 1 Cileungsi
    12 Alfiani SMPN 1 Gn. Sindur
    13 Tia Martiana SMP IT fatham Mubina
    14 Lina Marlina SMP Ibnu Aqil
    15 Annisa Rustini SMP Al Mukhlishin
    16 Nadya SH SMPN 1 Cibinong
    17 Syahrul Ramadhan SMPN 2 Cibungbulang
    18 Opi Noviani SMPN 1 Megamendung
    19 Dewi Srigaya SMPN 1 Cariu
3. Lomba Ceramah 1 Herdi Lodiatman SMPN 1 Ciawi
    2 Siti Nazilah SMP IT Fatham Mubina
    3 Suhendar SMP Ibnu Aqil
    4 Eman Sulaeman SMPN 1 Cileungsi
    5 Rafida Fauziah SMP al Mikhlisin
    6 Bib Bang Bucinka SMPN 1 Cibinong
    7 Sartika SMPN 3 Leuwiliang
    8 Ahmad Fauzan SMP Al Gozali
    9 Nanda Aditiya SMPIP Darul Jannah
    10 Muhamad Saputra SMP Al Asriyah
    11 Hindiyani Putri SMPN 2 Citeureup
    12 Neneng Hafsiah SMPN 1 Gn. Sindur
    13 Nurul SMPN 1 Citeureup
    14 Raudlatul Milah SMP Cendekia
    15 Cindi Artika SMPN 1 Cibungbulang
    16 Ayulia Septiani SMPN 1 Cariu
    17 Siti Atikah SMPN 1 Cigombong
    18 Abdul Ihsan SMPN 2 Cubungbulang
    19 Feri Rahman SMPN 2 Ciawi
    20 M. Fakhri Sidik SMPN 1  Megamendung
    21 Zainal Ardan SMP Al Azhar Syifa Budi
    22 Wiyan Agus SMPN 2 Cibinong
    23 Nadiya Khofiyah SMP Plus Nurul Hikmah
    24 M. Daffa R SMP Global Mandiri
    25 Aditya Denandra SMP PGRI CIteureup
4 MTQ Putra 1 KOmarudin SMPN 2 Citeureup
    2 Qodrian Ramadani SMPN 1 Citeureup
    3 Arbi Mauludi SMPN 1 Citeureup
    4 M. RafiAl Ghifari SMPN 1 Cibungbulang
    5 Rian Muksalmina SMPN 1 Jasinga
    6 Rama Anbdillah SMP Djoyo Redjo Putat Nutug
5 MTQ Putri 1 Siti Muhibah SMPN 1 Jasinga
    2 Diana Syafitri SMPN 1 Jasinga
    3 Muzdalifah SMPN 1 Rumpin
    4 Asfa Asfia SMPN 1 Citeureup
    5 Nurmalia SMPN Addina Ciawi
    6 Neng Nuvus SMPN 1 Rumpin
         
         
         
         

Demikianlah pentas pai 2013 berlangsung dengan sukses, semoga pembinaan PAi di sekolah semakin berkembang dan semakin giat di sekolah.

Edit by Oleh Ruhyana

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s