AGPAII KABUPATEN BOGOR

Bogor, 6 April 2013

CIMG1981

Bismillahirahmanirahim

Innalillahi wa Inna Lillahi  Raji’un, Bismillahi Tawakkaltu ‘ala Allah Laa haula walaquwwata illa billaahi ‘aliyyil aziim. Hari ini Kamis ibarat disambar petir di siang bolong, di mana seluruh peserta musda AGPAII Kab. Bogor yang dihadiri perwakilan pengurus dari gpai SD, SMP, SMA, SMK dan PGTKI Kab. Bogor memilih saya yang bernama lengkap Oleh Ruhyana untuk menjadi driver kendaraan AGPAII Kab. Bogor Periode 2013-2018. Ini memang berat dan penuh tantangan, karena selain organisasi ini belum banyak dikenal publik, di kalangan guru pendidikan agama Islam saja belum semua mengenal, apalagi merasakan akibat positif adanya AGPAII ini.

Walaupun tantangan ini sudah berada di depan mata dan pikiran, kami dan jajaran gerbong kereta AGPAII Kab. Bogor harus siap menghadapi tantangan ini dan menatap masa depan pendidikan yang penuh dengan pressure yang luar biasa terutama memarjinalkan pendidikan agama yang ada di negeri ini. Kita sering terlupa basic spiritual agama Islam merupakan modal dasar dalam kehidupan ini. Bagaimana tidak ekonomi dan kekayaan  yang semakin meningkat tidak menyebabkan orang menjadi sejahtera, bahkan tindakan kriminal dan pelanggaran HAM semakin merajalela. Begitula pemahaman agama yang sempit membuat manusia terjerumus dalam lingkup yang menyesatkan. Sehingga sering menjadi opini bahwa agama tidak harus terlibat dalam hal kehidupan, padahal Islam sebagai agama merupakan way of life, semakin jauh dari agama kita akan semakin tersesat dan terjerembab dalam kancah kesesatan dan kekayaan yang menipu.

AGPAII sebagai organisasi yang menaungi kepentingan guru Pendidikan Agama Islam di sekolah baik di PAUD/TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB bertujuan membantu kualitas guru Pendidikan agama Islam  dan membantu advokasi ketika terjadi kasus hukum, serta bagaimana merapatkan kekuatan strategis guru pendidikan agama Islam di kancah pembangunan pendidikan Indonesia.  Organisasi ini bukanlah saingan organisasi guru independent yang telah lahir sebelumnya, akan tetapi organisasi yang melengkapi kemampuan strategis dalam mencapai tujuan pendidikan nasional dalam membangun masyarakat indonesia yang bertakwa, berdaya dan berbudaya.

Beberapa target AGPAII dalam waktu dekat ini adalah bagaimana membangun opini guru pendidikan agama Islam di sekolah merupakan tokoh utama dalam pembangunan mental spiritual bangsa ini dalam membangun Indonesia dalam bidang pendidikan, Selain itu membantu nasib GPAI (guru Pendidikan Agam Islam ) dalam karir dan posisi strategis dalam berkarya baik melalui peningkatan kualitas ke dalam GPAI maupun kekuatan strategis kerjasama win-win solution yang dapat meningkatkan kesejahteraan GPAI.

Ini hanya beberapa tantangan yang bisa dirasakan di kalangan GPAI, belum lagi tantangan yang selalu datang, semoga tantangan ini akan menjadi pressure bagi kami untuk merapatkan barisan dan menghimpun kekuatan dalam membawa organisasi mencapai tujuan bersama, sehingga orang-orang di luar AGPAII merasakan dampak positif yang berarti dengan adanya organisasi AGPAII ini.

Salam GPAI

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s